Final Soedirman Chemistry Olympiad (SCO) 2017

Soedirman Chemistry Olympiad 2017 (SCO 2017) merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Jenderal Soedirman dan untuk tahun 2017 ini merupakan pertama kalinya SCO diadakan. Ajang ini diharapkan mampu meningkatkan daya bersaing siswa SMA/sederajat di bidang kimia dan mampu mengembangkan pemahaman ilmu kimia dari siswa SMA/sederajat sebagai kimiawan muda. Kegiatan bertempat di Fakultas MIPA Unsoed, yang diikuti oleh 83 peserta dari siswa-siswi SMA/sederajat dari 9 wilayah yaitu Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Pemalang, Pekalongan, Brebes dan Tegal.

Pembukaan sekaligus babak penyisihan berlangsung pada tanggal 7 Januari 2017. Pada babak ini peserta mengerjakan soal-soal ujian tentang Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Anorganik selama 1 jam 30 menit. Dari 83 peserta, tersaring menjadi 20 peserta yang berhak melaju ke babak Semifinal pada Sabtu, 14 Januari 2017.

Pada babak penyisihan ini, 20 peserta mengerjakan soal-soal ujian dengan jumlah pertanyaan sebanyak 20 soal yang terdiri 10 soal essai, dan 10 soal pilihan ganda. Waktu untuk mengerjakan selam 60 menit. Setelah melalui babak semifinal, tersaring menjadi 10 peserta yang berhak melaju pada babak Final.

Pada babak final ini kesepuluh peserta yang lolos, mengerjakan soal dengan materi tentang Kimia Terapan yaitu mengenai analisis lingkungan dan air.  Bentuk soal berupa tertulis selama 10 menit, dan presentasi selama 10 menit.

Setelah melalui sejumlah tahap seleksi dengan persaingan yang ketat, terpilih sebagai juara 1 pada ajang ini yaitu Gala Ramadhan dari SMAN 1 Cilacap, sebagai juara 2 Miftahul Farihin dari MA Al Hikmah Terpadu, dan M Aditya Rivaldi dari SMAN Banyumas sebagai juara ke 3.

Maju Terus Pantang Menyerah

Sumber: http://www.unsoed.ac.id/id/berita/final-soedirman-chemistry-olympiad-2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *