Sudah Siapkah Anda Menghadapi UTS?

Setelah sekitar 2 bulan mahasiswa menjalani kuliah di Semester Gasal 2017/2018 dan menerima materi kuliah melalui tatap muka, tugas, Quiz, dan presentasi (matakuliah 2 SKS: 7 tatap muka atau 3 SKS: 7 atau 14 tatap muka) maka mulai memasuki saat-saat penting dalam proses pembelajaran yaitu menjalani Ujian Tengah Semester (UTS) atau Ujian Sisipan (USIP). Seperti kebiasaan pada tahun-tahun sebelumnya dan sudah menjadi rahasia umum di berbagai institusi pendidikan, ada beberapa tipe mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir ini. Pertama, ada yang menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) untuk menghadapi soal pada hari esok harinya. Bagi yang telah belajar dengan mantap maka akan santai dalam menghadapi ujian tersebut, namun bagi yang belajar setengah-setengah alias nanggung atau bahkan yang sama sekali tidak belajar maka akan menghadapinya dengan tidak tenang (penuh ketegangan) bahkan salah tingkah mencari-cari jawaban yang tidak ketemu-ketemu juga hingga keringat dingin bercucuran.

Sebenarnya belajar tidaklah mesti pada saat akan mendekati Ujian, tapi bisa dilakukan jauh hari sebelum ujian datang misalnya pada saat dosen menyampaikan mendengar, mencatat, memperhatikan dan menyimak setiap materi yang disampaikan, kemudian pada saat pulang ke kos atau rumah bisa dibaca kembali materi kuliah yang telah diperolehnya atau bisa jadi mempelajari dari berbagai referensi untuk mendukung materi yang telah didapat dari dosen. Jadi belajar di manapun dan kapanpun. Memang, dewasa ini banyak sekali kendala yang menjadi penghambat keinginan untuk setiap hari belajar, semisal faktor teknologi selain memberi manfaat teknologi juga kadangkala membuat kita malas. Contoh: Jejaring sosial seperti facebook, twitter dll selain dapat menambah pertemanan dan mengetahui informasi dari rekan/teman/saudara yang sudah lama tidak berjumpa, juga dapat berakibat negatif diantaranya malas untuk belajar. Karena itu pandai-pandailah menyiasati waktu.

Hari ini baru permulaan, esok harus kau gapai dengan lebih baik, tidak ada kata terlambat, tetap berusaha dan semangat (Dwi K).

Sumber: http://dwi.blog.unsoed.ac.id/2012/03/26/sudah-siapkah-anda-menghadapi-uts/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *