Telah dibuka, Program Studi Magister (S2) Kimia

Unsoed resmi membuka Program Studi Magister (S2) Kimia. Hal itu seiring dengan telah diterimanya SK No: 350/E/O/2024 perihal ijin pembukaan pendirian prodi tersebut dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pertanggal 30 Mei 2024.

Dekan FMIPA Unsoed Prof. Drs. Budi Pratikno, M.Stat.Sci., Ph.D. menyambut gembira seiring telah diterimanya ijin pembukaan prodi tersebut, menyusul Program Studi Magister (S2) Fisika yang disetujui lebih dulu. “Alhamdulillah ikhtiar mendirikan Program Studi Magister (S2) Kimia berjalan lancar dibuktikan dengan telah terbitnya SK pembukaan prodi tersebut. Harapannya Magister Kimia dapat berkontribusi nyata dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyiapkan SDM yang handal di bidang kimia,” ungkapnya, Jum’at (31/5/2024). Prof. Budi menambahkan bahwa alumni S1 Kimia FMIPA Unsoed, khususnya yang ingin studi lanjut sekarang bisa menempuhnya di Prodi Magister Kimia, masyarakat sekitar Banyumas atau Jawa Tengah juga bisa bergabung dengan kami.

Sementara itu Ketua Jurusan Kimia Dr. Suwandri, M.Si menyampaikan bahwa latar belakang pembukaan Magister (S2) Kimia karena miliki Program Studi Sarjana (S1) yang relevan yaitu Prodi Kimia dengan peringkat terakreditasi A dari BAN-PT.

Selanjutnya Jurusan Kimia juga memiliki dosen tetap yang berpengalaman mengajar dan telah menghasilkan riset dan inovasi di bidang kimia yang telah dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal international bereputasi. Dengan adanya potensi yang dimiliki baik di program sarjana yang relevan, SDM dosen, tata pamong dan juga prasarana yang memadahi maka akan menghasilkan lulusan para magister di bidang kimia yang profesional.