Rombongan Jurusan Kimia FMIPA UNSOED Adakan Rafting di Sungai Serayu (Banjarnegara)

Rabu (06/02/2018). Dalam rangka meningkatkan kekompakan dan kebersamaan Dosen dan admin dan PLP Jurusan Kimia FMIPA UNSOED mengadakan Rafting di Sungai Serayu yang terletak pada daerah Randegan (Banjarnegara). Kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana refreshing setelah kegiatan koreksi hasil ujian mahasiswa dan upload nilai ke SIA. Rombongan yang terdiri 24 orang dibawah komando oleh Dr. Suwandri yang juga merupakan Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNSOED.

Dalam Olahraga Arung Jeram, selain untuk menguji adrenalin penggiatnya juga untuk melatih kekompakan peserta arung jeram yang berada di dalam satu perahu. Dengan mendayung secara kompak dan bersamaan perahu karet yang dinaiki akan lebih mudah untuk dikendalikan. Agar dayungan menjadi kompak dan dilakukan secara bersamaan dengan ritme yang sama tidaklah mudah, harus dilakukan dengan latihan yang cukup.

Sebelum melakukan Olahraga Arung Jeram perlu adanya briefing agar selama kegiatan  lebih aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dan semua peserta kegiatan Olahraga Arung Jeram semuanya selamat sampai di akhir kegiatan. Kerjasama dan kekompakan dalam Olahraga Arung Jeram sangat diperlukan, ketika mendayung diatas perahu ataupun ketika terjadi suatu insiden. Kerjasama tim dibutuhkan agar semua berjalan sesuai rencana.

Dari 24 orang yang ikut rombongan hanya 19 orang mencoba rafting, dan dibagi menjadi 4 perahu karet. Masing masing perahu didampingi satu atau dua pendamping professional, dan juga terdapat 1 perahu khusus untuk team SAR (Rescue). Jadi totalnya terdapat 5 perahu karet yang dioperasikan. Pada saat awal, ada sebagian peserta yang panik, was-was, atau ada perasaan takut, tetapi seiring perjalanan perahu ke bagian bawah, maka ketenangan dan kegembiraan terpancar dari para peserta. Setelah acara selesai dilanjutkan dengan makan, hunting duren, dan kemabali ke kampus FMIPA
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *