+6281-638793 kimia@unsoed.ac.id

Ilmu Kimia pada hakekatnya merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat, struktur, komposisi, energi, materi dan perubahannya. Ilmu Kimia memegang peranan penting hampir di seluruh aspek kehidupan masyarakat. Pada era globalisasi saat ini, daya saing suatu negara dapat dilihat dari kemampuan negara tersebut untuk menguasai sekaligus mencari peluang-peluang baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang bermuara pada produk-produk inovatif unggulan negara itu. Persepsi tersebut menunjukkan bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan untuk dapat berperan aktif dan kompetitif di era globalisasi ini. Menyadari hal ini, tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai tingkat keahlian adalah mutlak diperlukan.

 

Berdasarkan uraian di atas dan sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), maka pada tanggal 24 Mei 1999 didirikan Jurusan Kimia berdasarkan SK DIRJEN DIKTI No.245/DIKTI/Kep/1999 tentang pembentukan Jurusan/Program Studi Kimia S1 di UNSOED Purwokerto. Pada tahun yang sama, Program Sarjana MIPA dibentuk untuk menaungi Jurusan Kimia dan Jurusan Matematika. Ijin penyelenggaraan Prodi Kimia diperpanjang dengan SK Dirjen DIKTI Depdiknas RI No.55/DIKTI/Kep/2007 tanggal 2 April 2007.

 

Dalam perkembangannya dan sesuai dengan penataan kembali prodi di lingkungan UNSOED, maka dibentuk Fakultas Sains dan Teknik berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNSOED Nomor: Kept.239/H23/OT/2007 tanggal 4 Juli 2007 tentang Pembentukan Fakultas Sains dan Teknik UNSOED; serta Surat Keputusan Rektor UNSOED Nomor: Kept.240/H23/OT/2007 tanggal 4 Juli 2007 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Fakultas Sains dan Teknik UNSOED. Prodi Kimia berada dibawah naungan Jurusan MIPA, Fakultas Sains dan Teknik. Saat ini Program Studi Kimia sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan peringkat B berdasarkan SK BAN PT No : 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009, berlaku sampai dengan 28 Agustus 2014.

 

Selanjutnya pada tahun 2014, Jurusan kimia telah melakukan akreditasi ulang untuk memperpanjang status akreditasinya. Melalui SK BAN PT No: 364/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Jurusan Kimia kembali terakreditasi dengan peringkat B, yang berlaku dari tanggal 11 September 2014 sampai dengan 10 September 2019. Dalam rangka pengembangan keilmuan, program studi kimia membentuk bidang kajian sesuai dengan bidang keilmuan sumber daya yang dimiliki yaitu bidang kajian Biokimia, Kimia Organik, Kimia Analitik, Kimia Anorganik dan Kimia Fisik. Masing-masing bidang kajian dilengkapi dengan laboratorium untuk mengembangkan bidang keilmuannya.

 

Sejak lahirnya program studi kimia, telah meluluskan sebanyak 450mahasiswa. Persentase mahasiswa yang mencapai IPK lebih dari 2,87adalah96,18%,masa studi rata-rata 4 tahun 2bulan dan masa tunggu kerja 3-8bulan. Alumni program studi kimia telah berkerja diberbagai instansi / industri yang meliputi 6 bidang, yakni: 1).Manager dan supervisor di industri,antara lain PLTU Cilacap PT Adidas, Coca-Cola, Nippon Ring, industri pertambangan (PT Geoservice), industri zat warna MONOKEM dan lain-lain, 2) Bidang penelitian diberbagai instansi,seperti LIPI, Lemigas, BPPT 3) Bidang marketing, 4) Bidang Jasa seperti pada perusahaan konsultan di PT Corelab Indonesia, Sukofindo LSM, 5) Bidang pendidikan seperti berkarier sebagai dosen dan guru, seperti sebagai dosen di UNSOED, UIN/ STAIN, AKBID Purwokerto, STİKES Cirebon, SD, SMP, SMA, SMK,dan 6) Bidang wirausaha, seperti pendirian Lembaga Bimbingan Belajar, dan beberapa wirausaha produk barang.